Monika Socko Jadi Ratu Eropa 2022

Monika Socko Jadi Ratu Eropa 2022

[ad_1]

GM Monika Socko asal Polandia menjadi yang terrbaik dalam Kejuaraan Wanita Eropa 2022, Rabu (31/8/2022). Gelar ini menjadi pencapaian tertinggi dalam karir juara wanita Polandia delapan kali ini.

Pada klasemen akhir, dia memimpin sendirian dengan 8,5 poin. Monika Socko unggul atas duo Azerbaijan IM Gunay Mammadzada dan WGM Ulviyya Fataliyeva yang berada di posisi dua dan tiga.

Unggulan utama, mantan juara dunia wanita, GM Anna Ushenina dari Ukraina, tercecer di peringkat 7 dengan 7,5 poin. Meski tak pernah mengalami kekalahan, namun dia bermain remis sebanyak tujuh kali.

Monika Socko sendiri mencatatkan enam kali kemenangan tanpa terkalahkan, temasuk menghajar IM Gunay Mammadzada di ronde delapan. Pada ronde sembilan Socko menahan remis WGM Ulviyya Fataliyeva.

Kejuaraan Wanita Eropa berlangsung dalam format Swiss 11 ronde dengan kontrol waktu klasik. Tunamen ini belangsung di Praha, Republik Ceko, 20-31 Agustus 2022. Kejuaraan berahadiah total  €60.000 (€10.000 untuk juara), mempertemukan 123 pemain dari 28 negara.

Sembilan pemain terbaik dalam klasemen akhir berhak mengikuti Piala Dunia Wanita FIDE 2023.

Mereka yang lolos adalah GM Monika Socko (Polandia), IM Gunay Mammadzada (Azerbaijan), WGM Ulviyya Fataliyeva (Azerbaijan), Lilit Mkrtchian (Armenia) dan Aleksandra Maltsevskaya (Polandia). Selanjutnya ada Irina Bulmaga (Rumania), Anna Ushenina (Ukraina), Anna Sargsyan (Armenia) dan Marina Brunello (Italia),

Filip Haring Juara FIDE Slovak Open

Sementara itu, IM Filip Haring asal Slovakia menjadi juara FIDE Slovak Open usai menjadi pemuncak klasemen akhir mengungguli rekan senegaranya GM Jergus Pechac, Minggu (28/8/2022).  

Sebenanya, poin IM Filip Haring dan GM Jergus Pechac sama usai sembilan ronde yakni 7/9 poin. Namun, Harring memiliki keunggulan Buchholz atas Pechac.

Grand Master asal Republik Ceko, Vlastimil Babula harus puas di tempat ketiga dengan 6,5/9 poin. Sementara itu, pecatur muda berusia 16 tahun asal India, IM Pranav Anand menempati posisi empat dengan 6,5/9 poin. Dua andalan Hongaria, GM Aczel Gergely dan GM Mihok Oliver harus puas tercecer di posisi lima dan enam.

Baca juga: https://catur24.com/2022/09/01/matthias-bluebaum-susul-fedosev-tantang-magnus/

FIDE Slovak Open berlangsung di kota Skalica, Slovakia, 20-28 Agustus. Tercatat, ada 68 pemain dari 10 federasi yang turut serta dalam kejuaraan ini.(BangKipot)




14

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan