Carlsen Tatap FIDE World Fischer Random

Carlsen Tatap FIDE World Fischer Random

[ad_1]

Magnus Carlsen menatap gelar FIDE World Fischer Random atau kejuaaan catur acak yang akan berlangsung di Reykjavik, Islandia, 25-30 Oktober 2022.

Dia mengonfirmasi akan kembali hadir untuk merebut gelar juara dunia catur acak FIDE yang belum pernah dia menangkan tersebut.

Baca juga: https://catur24.com/2022/08/05/juara-dunia-catur-dari-masa-ke-masa-1/

Pada pelaksanaan edisi perdana tahun 2019, Carlsen harus takluk dari pecatur asal Amerika Serikat, Wesley So di babak final. FIDE sudah mengakui kejuaraan catur acak ini sebagai agenda resminya. Pada tahun 2000 dan 2021, turnamen ini tak terlaksana karena situasi pandemi Covid 19.

Sama halnya dengan Magnus Carlsen, Wesley So antusias untuk mempertahankan gelarnya tersebut.

“Tentu saya sangat bersemangat untuk berkompetisi di Fisher Random. Tak ada yang lebih istimewa daripada bersaing mempertahankan gelar saya melawan pemain terbaik di dunia. Bermain di Reykjavik, lima puluh tahun setelah pertandingan Fischer dan Spassky, memberikan perspektif sejarah yang tak tertandingi,” kata Wesley So.

Pecatur terkuat Islandia, Hjorvar Steinn Gretarsson juga sudah mengonfirmasi turut serta dalam turnamen. Itu berarti tiga dari empat undangan sudah positif bergabung. Pemain keempat akan menerima wild card dari Presiden FIDE.

Empat pemain unggulan langsung akan bergabung dengan empat pemenang kualifikasi dari dua situs online catur yakni chesscom dan lichessog.

Kejuaraan Catur Acak di Reykjavik bertepatan dengan peringatan 50 tahun ‘Match of the Century’ Bobby Fischer Vs Boris Spassky.

Permainan Catur Acak Fischer adalah varian catur yang ditemukan oleh Bobby Fischer, Juara Dunia Catur 1972-1975. Aturan permainannya sama dengan catur standar, tetapi posisi awal perwira akan acak dan berbeda setiap partainya. Kedua pemain akan mendapat posisi acak yang sama.

Ini mengurangi dampak teori pembukaan dan membuat pemain merenungkan pengembangan game dari langkah pertama. World Fischer Random lebih popular dengan Chess960 karena memempunyai 960 kemungkinan posisi.

Dana hadiah turnamen tersebut berjumlah 400.000 USD. Delapan pemain akan mendapatkan hadiah pertama senilai 150.000 USD dan gelar Juara Dunia Acak FIDE Fischer.

Empat pemain unggulan langsung akan bergabung dengan empat pemenang kualifikasi online di Chess.com dan Lichess.org, dua dari masing-masing situs. Kualifikasi mulai 19 Agustus di Lichessorg dan 22 Agustus di Chesscom. (BangKipot)




3

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan